grebeg-tumpeng-menyambut-bulan-muharram-atau-tahun-baru-islam

Grebeg Tumpeng Menyambut Bulan Muharram atau Tahun Baru Islam

 09 Juli 2024 |  Administrator

Pada Hari Senin 8 Juli 2024, Plt Camat Balapulang Bapak Muhammad Sihabuddin, S., STP Menghadiri Undangan Pengajian 1 Muharram 1446 H Desa Batuagung.

Acara ini merupakan pertama kali di gelar oleh Desa Batuagung dan rencananya akan diadakan rutin setiap tahun dan disepakati Oleh pemdes Batuagung serta Tokoh Masyarakat Desa Batuagung. Acara tersebut dihadiri oleh Masyarakat mulai dari anak anak ,remaja/i ,desawa hingga para orang tua.

Dalam menyambut 1 Muharram 1446 H Kegiatan di isi dengan Pembacaan Hotmil Qur'an 30 juz Oleh Kyai dan Santri dan juga warga Desa, dilanjut dengan arak arakan / Pawai yang dimulai dari Balaidesa Batuagung finish di makam Panembahan Patra Manggala sambil bersholawat dengan membawa Gunungan berupa Tumpeng besar ukuran 2 M dan yang kecil sebanyak 39 buah tumpeng.

Dimalam hari nya dilanjut acara manakiban / tahlil Qubro, dan dilanjut dengan pengajian mengundang Kyai ternama.

Diakhir acara pada Jum'at Kliwon di bulan Suro rutinan Warga Desa Batuagung mengadakan  Potong Kambing Kendit dan Kepala Kambing Kendit untuk panembahan tersebut yang bermaksud meminta keselamatan bagi warga dan Desa Batuagung.


PENGUNJUNG